Pendahuluan: Arti Perbankan Digital
Brainbox – Arti Perbankan Digital. Beberapa bank digital terkenal memungkinkan nasabah untuk membuka rekening di ponsel mereka dalam hitungan menit, dari mana saja dan kapan saja. Bank-bank tersebut termasuk Revolut, Fidor, Simple, N26, dan Monzo. Namun, bank daring bukan satu-satunya yang menawarkan perbankan digital. Selama sepuluh tahun terakhir, bank-bank yang membuka bank digital mereka sendiri telah meningkatkan laba dan memangkas biaya hingga 70%.
Namun, mari kita bahas dasar-dasarnya lagi sebelum kita melangkah lebih jauh.
Apa itu Bank Web?
Semua barang, proses, dan aktivitas perbankan tradisional mengubahnya menjadi versi digital untuk perbankan daring. Hal ini memungkinkan bank melayani nasabah melalui saluran daring.
Jadi, Apa Sebenarnya Arti Perbankan Digital?
Umumnya, layanan tersebut mencakup semua layanan keuangan biasa yang dapat orang gunakan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu di ponsel, komputer, dan perangkat pintar yang kompatibel, tanpa harus berada di cabang bank:
- Mendapatkan catatan bank
- Mengambil uang tunai
- Memindahkan uang.
- mengelola rekening giro atau tabungan
- Menyiapkan rekening bank digital
- Menangani pinjaman
- Pembayaran tagihan
- Pengelolaan cek
- Memantau catatan transaksi
Tentu saja, perangkat lunak perbankan digital membuat semua layanan lama lebih mudah untuk menggunakannya, memahami, dan melacaknya.
Dengan metode ini, kita dapat menguji gagasan tentang risiko perbankan digital sebelum memindahkan sebagian bisnis lama ke sistem baru. Marcus dari Goldman Sachs, Bó dari RBS, dan YONO dari State Bank of India adalah contoh yang baik. YONO memperoleh lebih dari 26 juta pengguna dan menghasilkan laba dalam waktu 18 bulan.
Arti Perbankan Digital dan Perbankan Daring, Apakah Keduanya Sama?
Ada perbedaan penting antara perbankan digital dan perbankan daring, meskipun istilahnya mungkin tampak sama.
Arti Perbankan Digital
Perbankan daring hanya menggunakan sebagian kecil fitur transaksional inti sistem keuangan. Sistem Perbankan daring biasanya mengaksesnya melalui Internet dan memungkinkan Anda melakukan tugas perbankan sederhana seperti mengelola akun dan melihat laporan Anda. Adapun sistem perbankan daring hanya dapat melakukan hal-hal tertentu dan tidak dapat dengan cepat mempercepat untuk menawarkan lebih banyak layanan perbankan kepada nasabah.
Sistem Perbankan Tradisional
Sistem perbankan tradisional membutuhkan waktu lama untuk menambahkan fitur baru, tetapi sistem digital dapat melakukannya dengan jauh lebih cepat. Dengan layanan berbasis web, API, dan otomatisasi proses tingkat tinggi, perbankan digital memberikan banyak penghematan biaya, keamanan, dan kebebasan bagi bank dan nasabahnya. Solusi perbankan modern memungkinkan nasabah untuk memiliki pengalaman digital sepenuhnya dengan menciptakan aliran data waktu nyata dan mempercepat analisis utama.
Perbankan Seluler
Perbankan seluler adalah kata lain yang sering kali orang salah artikan dengan perbankan daring dan digital. Layanan perbankan saat bepergian adalah layanan yang bank saat ini tawarkan kepada nasabahnya yang memungkinkan mereka melakukan transaksi melalui ponsel mereka alih-alih pergi ke cabang bank. Jadi, perbankan digital adalah yang paling umum dari ketiga gagasan tersebut. Dapat mengaitkannya bahwa layanan ini mencakup perbankan daring dan seluler.
Manfaat Perbankan Digital Bagi Nasabah
Semakin banyak bank digital di pasaran, jadi penting untuk mengetahui bagaimana mereka dapat menyediakan layanan yang lebih baik dan lebih terjangkau daripada bank konvensional. Berikut adalah manfaat utama perbankan digital yang harus Anda ketahui:
Penghematan Biaya
Pemeriksaan dan rekening membutuhkan banyak waktu dan uang di bank tradisional. Perangkat lunak perbankan digital memangkas biaya operasional dengan menyingkirkan tugas-tugas administrasi yang tidak perlu. Sistem perbankan digital mempermudah transaksi keuangan harian bagi bank dengan mengotomatiskan banyak pekerjaan yang perlu Anda lakukan. Digitalisasi memangkas langkah-langkah dan orang-orang yang membutuhkannya untuk menyelesaikan transaksi, yang menurunkan kemungkinan terjadinya kesalahan yang merugikan.
Personalisasi yang Baik
Nasabah dan bank digital dapat membuka rekening dengan cepat dan mudah dari perangkat apa pun yang terhubung ke internet berkat prosedur KYC dan AML bawaan. Sistem Verifikasi ID dan penilaian risiko membantu bank melayani nasabah dengan cepat dan mudah, dan juga memungkinkan orang yang bukan pengguna bank menggunakan layanan mereka. Satu hal hebat tentang perbankan pribadi adalah Anda dapat menggunakannya kapan saja. Ini berarti pengguna dapat menggunakan banyak layanan berbeda dan melakukan segala jenis bisnis dari mana saja.
Kustomisasi yang Lebih Banyak
Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) mendukung strategi personalisasi canggih yang dapat digunakan dengan perangkat lunak perbankan digital. Pada waktu yang tepat, bank dapat memberikan pilihan keuangan yang tepat, alat interaktif, dan materi pembelajaran kepada nasabah. Banyak alat, seperti penganggaran otomatis, data pengeluaran, pengingat tabungan, dan banyak lagi, membantu nasabah belajar dan terlibat.
Fitur “Wow”
Bank digital sudah menawarkan banyak hal yang tidak dapat ditawarkan oleh bank tradisional, seperti kemampuan untuk membeli uang tunai dan mata uang kripto atau berinvestasi di pasar saham langsung dari aplikasi perbankan. Nasabah yang menggunakan perbankan seluler atau daring dapat mengubah pengaturan keamanan dan batas transaksi mereka segera. Mereka juga dapat memilih apakah akan menerima pembayaran NFC atau strip magnetik.
Berbagai Jenis Bank Daring
Kebanyakan orang saat ini tahu apa itu “neobank” dan “bank penantang”, tetapi mungkin sulit untuk membedakan yang satu dengan yang lain. Mari kita bahas semua jenis bank digital utama.
Neobank
Neobank adalah bank daring yang tidak memiliki lokasi nyata. Nasabahnya dapat mengakses layanannya dari mana saja dengan aplikasi seluler. Banyak neobank yang tidak memiliki lisensi bank sendiri; sebagai gantinya, mereka bekerja sama dengan bank mapan agar dapat beroperasi seperti bank. Ini berarti nasabah mereka harus membuka rekening di bank mitra. Neobank biasanya tidak menawarkan banyak layanan seperti bank terdaftar.
Bank of Challenge
“Challenge” adalah kata yang berasal dari Inggris dan merujuk pada bank baru yang “mengambil alih” bank tradisional. Bank penantang berfokus pada kelompok orang yang tidak dilayani oleh bank besar karena mereka lebih mudah digunakan oleh pengguna akhir dan lebih murah bagi mereka.
Bank baru
Ini adalah neobank terdaftar penuh yang menawarkan semua layanan perbankan yang sama seperti bank tradisional. Satu-satunya hal yang membuat mereka berbeda adalah mereka hanya bekerja secara daring. Ada bank baru seperti Revolut, Monzo, N26, dan Starling Bank.
Bukan bank
Sesuai namanya, ini adalah perusahaan keuangan nirlaba yang menawarkan layanan keuangan seperti hipotek atau pinjaman yang disederhanakan. Namun, mereka tidak menerima simpanan atau menawarkan rekening giro dan tabungan pada saat yang bersamaan. Lembaga nonbank seperti Monese menggunakan lisensi EMI untuk menjalankan bisnis.
Penutup: Arti Perbankan Digital
Memahami Arti Perbankan Digital membuka cakrawala baru dalam cara kita mengelola keuangan. Dengan kemudahan akses dan inovasi teknologi, perbankan digital tidak hanya memudahkan transaksi, tetapi juga memberikan kontrol lebih besar atas pengelolaan finansial kita. Di era serba cepat ini, penting bagi kita untuk beradaptasi dengan perubahan dan memanfaatkan semua fitur yang ditawarkan. Jadi, mari kita manfaatkan perbankan digital untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih baik dan menciptakan masa depan yang lebih cerah. Dengan pengetahuan tentang arti perbankan digital, Anda kini siap untuk menjalani pengalaman perbankan yang lebih efisien dan nyaman!
RELATED POSTS
View all