Pendahuluan: Dasbor Digital
Brainbox – Dasbor Digital. Perusahaan menggunakan layar digital untuk menunjukkan KPI mereka dengan cara yang mudah untuk orang pahami. Ketika tim hanya ingin memeriksa angka-angka penting, mereka tidak perlu masuk ke platform yang berbeda, membuat laporan baru, atau melakukan analisis data.
Selalu ada setidaknya satu set data yang orang gunakan dengan tampilan digital. Dasbor tidak selalu menunjukkan data yang telah Alat BI atur, tetapi terkadang demikian. Misalnya, dasbor Geckoboard bekerja langsung dengan basis data, lembar kerja, dan banyak alat lain yang sudah perusahaan miliki.
Layar digital berguna karena membuat kelompok dan tim lebih menyadari data yang sudah mereka miliki. Layar digital membuat lingkaran umpan balik yang tidak pernah berakhir: mengetahui lebih banyak tentang data membantu orang membuat keputusan, dan layar menunjukkan hasil dari keputusan tersebut. Dan seterusnya.
Jadi, gaya dan kemudahan penggunaan dasbor digital sangat penting untuk keberhasilannya. Dasbor harus mudah orang pahami dalam sekejap, tanpa harus melakukan apa pun atau mendapatkan informasi lebih lanjut. Selain itu, untuk mengakses layar, Anda harus bekerja sesedikit mungkin. Inilah alasan mengapa banyak layar digital tampil di TV di kantor. Jika mudah melihat monitor, Anda akan memeriksanya sesering Anda memeriksa waktu.
Dasbor untuk Pemasaran
Tim pemasaran yang mengawasi Indikator Kinerja Utama (KPI) dari berbagai sumber data seperti layar langsung. Dasbor ini menampilkan info waktu nyata dari Google Ads, Facebook, dan Google Analytics. Tim pemasaran dapat menggunakan dasbor untuk mengawasi sejumlah metrik penting untuk pemasaran digital, keberhasilan situs web, dan kampanye iklan digital mereka.
Tim dapat melihat berapa banyak orang yang telah mengunjungi situs web mereka dan berapa banyak yang telah membeli sesuatu di sisi kiri layar. Dalam hal ini, konversi adalah pelanggan baru yang membayar. Grafik menunjukkan bahwa selama sebulan terakhir, jumlah penjualan telah menurun, tetapi jumlah sesi tetap sama. Ini berarti bahwa tingkat penjualan menurun, yang ingin menelitinya lebih lanjut oleh tim.
Di sisi kanan, tim juga mengawasi Google Ads dan Facebook, yang keduanya merupakan platform periklanan digital. Mereka dapat mengawasi berapa banyak uang yang telah mereka belanjakan bulan ini untuk memastikan mereka tidak melampaui (atau di bawah) batas mereka. Kita juga dapat melihat informasi tentang seberapa baik kinerja kampanye mereka saat ini. Tidak banyak sesi atau pembeli baru yang iklan Facebook datangkan, jadi biaya per konversi dan biaya per klik lebih tinggi. Ini memicu tanda status merah yang memberi tahu tim bahwa ada masalah.
Dasbor untuk E-niaga
Dasbor ini melacak pertumbuhan bisnis daring, sama seperti yang terakhir. Namun, dalam kasus ini, semuanya berbeda karena perusahaan menjual barang secara daring, dan banyak metrik yang tampil berasal langsung dari Shopify, yang menjadi tuan rumah toko daringnya.
Ini memungkinkan pengguna mengawasi indikator kinerja utama (KPI) dari Iklan Facebook serta data e-niaga penting seperti Pendapatan, Pesanan, Nilai Pesanan, dan Pembatalan. Tidak adanya dasbor berarti orang yang ingin melihat metrik ini harus masuk ke kedua situs dan mencari data yang mereka butuhkan. Sering kali, langkah-langkah manusia ini menyebabkan masalah yang membuat KPI tidak dapat terlihat.
Dasbor untuk Penjualan
Tim penjualan menyukai dasbor karena dasbor membantu mereka melacak banyak informasi yang berubah dengan cepat. Dasbor membantu seluruh tim memahami keberhasilan secara keseluruhan sehingga mereka dapat tetap berada di jalur yang benar. Ini sangat membantu bagi tim penjualan yang bekerja untuk mencapai tujuan bersama.
Contoh layar ini berasal dari tim penjualan yang mengawasi email, panggilan, dan yang terpenting, bisnis baru. Pemimpin tim dapat menggunakan ini untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa banyak dan seberapa baik penjualan berjalan secara umum. Jika tim mulai tertinggal, ia dapat melihat pekerjaan dan tujuan mereka serta membantu mereka melacak hasil yang tercapai.
Dasbor untuk Keuangan
Banyak pekerjaan yang tim keuangan lakukan setiap hari adalah pelaporan dan penelitian keuangan. Di sisi lain, ketika berbagi informasi keuangan tingkat tinggi dengan seluruh perusahaan, mungkin sulit untuk membuat informasi tersebut mudah dipahami.
Layar ini menunjukkan KPI keuangan terpenting perusahaan dengan cara yang dapat diketahui semua orang di perusahaan dan dipahami bagaimana kinerja keuangan perusahaan. Saat mereka mengawasi keuangan perusahaan, mereka mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana dan kapan keuangan berubah. Di setiap level bisnis, hal ini memudahkan pemahaman tentang bagaimana uang dibelanjakan.
Grafik untuk Perusahaan
Orang-orang di seluruh perusahaan dapat menggunakan monitor digital ini, yang ditampilkan di TV besar di kantor agar dapat dilihat semua orang. Selain penjualan, layanan pelanggan, dan pemasaran, monitor ini juga memantau indikator kinerja utama dari bagian lain bisnis. Komentar dan penyebutan pelanggan secara real-time di media sosial juga merupakan bagian dari monitor ini.
Dasbor semacam ini dapat membantu menyatukan orang-orang di perusahaan untuk mencapai tujuan bersama. Dasbor ini juga menciptakan “efek watercooler”, di mana orang-orang dalam tim membicarakan perkembangan baru dengan santai. Hal ini dapat membuat orang-orang penasaran dan mendorong masyarakat yang lebih berfokus pada data.
Penutup: Dasbor Digital
Sebagai penutup, jelas bahwa penggunaan Dasbor Digital menjadi kunci utama dalam memaksimalkan kinerja dan efisiensi bisnis di era digital ini. Dengan dasbor yang tepat, Anda bisa memantau data secara real-time, mengidentifikasi tren, dan mengambil keputusan lebih cepat dan akurat. Tak hanya untuk bisnis besar, Dasbor Digital juga memberikan manfaat signifikan bagi perusahaan kecil dan menengah dalam merancang strategi yang lebih terukur.
RELATED POSTS
View all