BrainBox ID

Apa Itu Digital

Juni 22, 2024 | by Mimin BrainBox ID

Apa Itu Digital

Pendahuluan: Apa Itu Digital

Brainbox.id Berikut kita akan membahas tentang Apa Itu Digital. Meskipun saya telah bekerja di bidang digital selama bertahun-tahun, saya kesulitan mendefinisikannya beberapa minggu yang lalu. Mengatasi suatu masalah, atau menggunakan istilah yang tepat, waffling, terkadang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah. Namun dengan banyaknya pembicaraan tentang perubahan digital, saya pikir sekarang adalah saat yang tepat untuk mencoba memberikan definisi sederhana. Salah satu alasannya adalah hal itu mengurangi hype. Kedua, hal ini memperjelas apa yang bukan digital pada saat istilah tersebut disebarkan secara sembarangan.​​​

Jadi saya membaca tentang digital di berita dan di situs web pesaing kami. Analis berbicara dengan saya, dan saya membaca buku dan kertas putih. Itulah yang saya minta klien kami lakukan. Kemudian saya berbicara dengan para ahli di Cognizant dan memikirkan hal ini sebentar. Saya senang mengatakan bahwa saya akan mencoba menjelaskan digital dalam waktu kurang dari 25 kata.​​​

Tentu saja, permasalahan dalam definisi adalah mereka harus memilih antara yang singkat, umum, dan abstrak. Jika Anda mengatakan sesuatu seperti “Digital adalah masa depan bisnis “, Anda mungkin akan menjawab dengan singkat namun terlalu umum. Anda juga bisa menggunakan satu halaman penuh untuk menjelaskan apa arti digital, tapi itu bukan penjelasan. Jadi, itulah maksud saya. Jangan ragu untuk tidak menyetujuinya, mengubahnya, atau menjadikannya milik Anda.

Mari kita pisahkan ini.

Teknologi yang Sedang Berkembang 

Itu sebabnya kita membicarakannya.​ Namun untuk lebih jelasnya, tema ” teknologi baru ” terdiri dari banyak ide yang berbeda. IPhone mungkin merupakan satu-satunya peristiwa terpenting dalam sejarah ” digital ” karena menghadirkan komputer canggih di kantong masyarakat. Hal ini menjadikan peluang masuk lebih terbuka bagi semua orang dan membuka jalan bagi hampir semua inovasi lainnya.

Banyak orang membeli ponsel pintar setelah Samsung dan lainnya membuat versi iPhone yang lebih murah dan berjalan di Android. Selain ponsel pintar, Anda juga perlu memikirkan tentang web 2.0 (apakah kita masih boleh mengatakan hal itu ?) dan kebangkitan serta perkembangan HTML5, JavaScript, dan masih banyak lagi alat yang dapat membuat tampilan depan web terlihat lebih baik daripada ponsel cerdas.

Ini merupakan pertarungan sengit antara HTML5 dan web, yang selalu menjadi lebih baik, dan platform seluler asli, kerangka kerja. Dan seluruh generasi teknologi dalam 5 tahun terakhir. Apakah Anda ingat MCAP dan​Platform MEAP dan seberapa menariknya membuat aplikasi seluler yang dapat berjalan di banyak perangkat. Semua hal ini juga membuat situs sosial seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan ratusan aplikasi perpesanan dan kolaborasi lainnya menjadi lebih baik.

Di Balik Layar

Namun ini bukan hanya tentang alat untuk front-end. Seiring dengan upaya Hukum Moore untuk menurunkan biaya komputer, kita dapat memproses lebih banyak data, seperti dengan database dalam memori SAP Hana atau dengan munculnya “Big Data “. Ini berarti kita dapat melihat dan memahami kumpulan data yang semakin besar dalam siklus yang semakin pendek. Penyedia RDBMS lama digantikan oleh Graph (Neo4J) yang lebih baru dan lebih cepat serta model database bersama (Hadoop). Dan perpindahan luas ke teknologi cloud dan otomatisasi yang lebih cerdas telah menciptakan seluruh dunia layanan, dimulai dengan PAAS dan sekarang menggunakan istilah “ sebagai layanan ” untuk segala hal.

Internet Segalanya

Terlebih lagi, gelombang sensor dan gadget berikutnya yang dapat terhubung ke internet baru saja dimulai.​​​​ Mungkin ada gelombang baru barang-barang yang terhubung dan cerdas yang akan mengubah segalanya tentang cara kita membeli dan menggunakan barang dan jasa. Namun, Internet of Things belum memiliki satu pun ” aplikasi mematikan “. Pertumbuhan dan penyebarannya masih meningkat pesat.​

Bagaimana Anda Melakukannya

Perubahan metode ini membawa perbedaan.​​​ Salah satu bagian penting dari digital adalah bagaimana sistem tangkas dan perangkat yang menyertainya menjadi lebih matang dan digunakan secara luas.​ Perubahan teknologi yang cepat mengharuskan dan memungkinkan pasokan teknologi menjadi lebih fleksibel dan bersiklus.​​​​​

Pemikiran Desain

Hampir konyol jika semua teknologi hebat ini tidak benar-benar mengubah cara bisnis bekerja secara online. Munculnya pemikiran desain dan metodologi desain layanan layak mendapat kehormatan itu. Beberapa di antaranya masuk akal dan sepertinya ini seharusnya menjadi standar, bukan sesuatu yang baru.​ Namun perubahan pikiran sangatlah penting. ​​ Bisnis yang unggul di bidangnya kini menyadari betapa pentingnya didorong oleh perjalanan pelanggan. ​​​​​ Dalam kalimat ini, yang saya maksud bukan hanya layar ketika saya mengatakan “antarmuka”. Bagaimana pelanggan, mitra, dan bahkan pekerja Anda berinteraksi dengan bisnis Anda ? Dulu, hal ini disebabkan oleh pemikiran dari dalam ke luar. Artinya, perusahaan memilih bagaimana mereka ingin menjalankan proses mereka dan kemudian membuat alat dan antarmuka yang sesuai dengan proses tersebut. Berdasarkan preferensi bank, proses dan sistem diatur sehingga nasabah harus berada di cabang untuk memulai rekening.​​​​​​​​ Secara digital,sistem-sistem ini dipikirkan dari luar ke dalam. Artinya, manusia adalah tempat di mana segala sesuatunya bermula.

Keputusan Berdasarkan Data

Setiap pilihan yang kita buat, seperti apa yang akan kita kenakan ke kantor, di dasarkan pada data yang kita proses, seperti ” pertemuan apa yang harus saya adakan ? Bagaimana aturan berpakaiannya ? Bagaimana cuacanya ? ” Untuk pilihan yang lebih kompleks, Anda memerlukan data yang lebih kompleks. Di masa lalu, kita belum mempunyai informasi ini untuk membantu kita membuat banyak pilihan besar dan kecil.

Berapa banyak yang harus kita keluarkan untuk beriklan? Ke mana toko selanjutnya harus pergi ? Siapa yang harus di pekerjakan untuk memimpin program area bisnis baru ? Bagaimana cara mengatur program untuk hot – desk ? Oleh karena itu, sebagian besar bisnis mengandalkan ” ahli ” untuk membuat pilihan-pilihan seperti ini, apakah para ahli tersebut bekerja untuk perusahaan atau di pekerjakan sebagai konsultan. Pengetahuan yang di miliki para ahli disebut “ kebijaksanaan ”, dan itu berasal dari pengalaman yang banyak di bidang tertentu.

Berkat kombinasi pemikiran ramping dan instrumentasi, kita melihat perubahan besar dalam pengambilan keputusan berdasarkan fakta yang jelas.​​​ Katakan untuk Misalnya semua orang di kantor menggunakan ponsel pintar selama satu atau dua bulan, hal ini mungkin menunjukkan bahwa hari Rabu adalah hari tersibuk dalam seminggu dan hari Jumat adalah hari paling tidak sibuk. Yang kedua mungkin jelas, tapi yang pertama mungkin tidak.​​ Artinya, orang hanya menghabiskan rata-rata 4 jam di kantor pada hari Senin karena sedang rapat atau mengerjakan proyek di luar pekerjaan.​​​​

Tiba-tiba, Anda memiliki fakta jelas yang dapat mengubah kebijakan hot-decking berdasarkan tujuan Anda. Ini adalah kasus kecil, namun ini menunjukkan bagaimana digital mengubah cara kita mengambil pilihan.​ Jika Anda berpikir tentang seberapa besar hal ini dan berapa banyak keputusan yang di buat setiap hari, Anda akan mendapatkan gambaran tentang apa yang saya maksud.

Model Bisnis yang Responsif

kita terbiasa dengan stabilitas dan melihat perubahan sebagai masalah jangka pendek yang perlu di perbaiki di antara masa-masa stabil. Tak jauh berbeda dengan pindah rumah. Namun segala sesuatunya berubah setiap saat, dan keadaannya menjadi semakin buruk. Masalahnya bukan hanya terjadi sekali saja ; sekarang sudah menjadi rutinitas. Seperti saat Anda berpindah dari rumah ke karavan.

Dengan teknologi, pemikiran desain, dan terlalu banyak data, kita dapat menciptakan model bisnis yang fleksibel atau mudah beradaptasi dan dapat mengikuti dunia yang berubah dengan cepat. Jangan berpikir tentang model operasi tujuan, melainkan model yang terus berkembang. Biaya perubahan tidak boleh di lihat sebagai pengeluaran satu kali saja, namun sebagai bagian dari menjalankan bisnis.

Jelasnya, konteks industri sangatlah penting. Misalnya, bank ritel dan perusahaan media sudah berada jauh di jalur perubahan di bandingkan, katakanlah, penyedia infrastruktur. Namun perubahannya tetap sama, meski dampaknya berbeda. ​​​ Sekarang Anda tahu itu digital bukan tentang B2C vs. B2B, bisnis, atau media sosial Anda. Saya pikir ini sebagian besar tentang bagaimana data yang lebih baik yang di berikan pada saat pengambilan keputusan dapat mengubah model bisnis Anda.

Strategi Tangkas

Oleh karena itu, masuk akal untuk menganggap strategi Anda sebagai sesuatu yang fleksibel dan berubah seiring waktu.​ Banyak bisnis yang masih menggunakan rencana tiga atau lima tahun yang di susun secara berurutan. Kita sebaiknya melihat peta jalan 12 kuartal yang menunjukkan strategi kita dan dapat di ubah setiap tiga bulan sambil tetap mengingat tujuan akhir atau visi. Tapi kita akan membicarakannya lebih lanjut nanti.

Menjadi lebih baik adalah inti dari semua ini. Di dunia tempat kita tinggal, model bisnis digital yang memanfaatkan teknologi, pemikiran desain, dan data sebaik – baiknya juga jauh lebih kompetitif. CEO Cisco, John Chambers, mengatakan kepada saya, “Perubahan tidak akan selambat ini lagi. ” Selain itu, 52 % perusahaan dalam daftar Fortune 500 sejak tahun 2000 tidak lagi menjalankan bisnisnya. Semua hal ini menunjukkan permasalahan dan risiko dari ketidakinginan untuk berubah.​​ Jadi, setuju atau tidak dengan pengertian saya tentang “digital”, kita perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekitar kita. Bersenang -senanglah dalam perjalanan 

Penutup: Apa Itu Digital

Di era digital ini, kita di kelilingi oleh teknologi yang terus berkembang pesat dan mengubah berbagai aspek kehidupan. Memahami “apa itu digital” bukan hanya tentang mempelajari teknologi, tetapi juga tentang memahami peluang dan tantangan yang di bawa oleh era ini.

RELATED POSTS

View all

view all