Pendahuluan: Arti Pariwisata Digital
Brainbox – Apa Arti Pariwisata Digital? Penggunaan teknologi baru dalam industri pariwisata, bidang yang penting bagi perekonomian dan peluang bagi pemilik bisnis. Tetapi juga cara berpikir baru tentang perjalanan yang tidak hanya mengubah aturan tetapi juga cara wisatawan berpikir tentang perjalanan.
Ketika Anda berada di negara seperti Italia, Anda harus benar-benar memikirkan gagasan pariwisata digital dan perannya dalam ekonomi Italia dan industri pariwisata secara keseluruhan. Di sisi lain, pariwisata merupakan industri penting bagi Italia. Banyak orang melihatnya sebagai “minyak” dan salah satu sumber utama kekayaan kita, tetapi juga dapat meremehkannya.
Menerapkannya untuk perubahan digital adalah salah satu cara untuk meningkatkannya dan membuatnya lebih bermanfaat. Digitalisasi sekarang menjadi pilihan penting yang harus terbuat jika kita ingin meningkatkan jumlah orang yang bepergian dan pindah. Serta kualitas pengalaman bagi semua tamu, baik Italia maupun asing.
Apa Arti Pariwisata Digital?
Pertama, mari kita bahas tentang apa subjeknya. Apa arti pariwisata digital? Orang-orang menggunakan perangkat digital untuk merencanakan, mengelola, dan bahkan menikmati perjalanan mereka. Ini disebut “pariwisata digital”. Jadi, “pariwisata digital” mengubah cara kita bepergian dan cara kerja industri pariwisata dengan menggunakan semua perangkat transformasi digital. Di area ini juga, transformasi digital telah mengubah total cara kita bepergian dan masih mengubahnya. Mengapa pariwisata digital penting Namun, apakah “sektor baru” ini benar-benar berbeda dari sektor pariwisata secara keseluruhan? Kita perlu menjelaskan beberapa hal sebelum dapat menjawab pertanyaan ini.
Pertama, pariwisata adalah industri yang sangat rumit dan sulit mengukurnya karena angka-angka hanya melihat “serangkaian layanan yang sangat beragam untuk pariwisata secara keseluruhan”. Bagaimanapun, ada berbagai cara untuk melihat pariwisata, seperti dari posisi penawaran atau permintaan. Jadi, berbagai jenis informasi orang gunakan untuk menilainya. Dalam kasus pertama, data akan mendasar pada berapa banyak kamar yang tersedia dan berapa banyak orang yang menginap di sana. Sementara survei akan mendasar pada informasi yang terkumpul langsung dari wisatawan di perbatasan atau melalui survei rumah tangga biasa.
Mengingat semua ini, sulit untuk mengatakan seberapa penting pariwisata digital bagi industri pariwisata. Untuk mendapatkan gambaran yang baik tentang apa yang sedang terjadi sekarang. Kita perlu melihat data dari beberapa tahun lalu, yang kurang mutakhir tetapi lebih aman. Sekarang setelah poin penting ini terbuat, kita dapat menjawab pertanyaan: seberapa penting pariwisata digital? Jauh lebih penting dari yang kita duga.
Area penting
Penelitian yang Bursa Efek Internasional Milan lakukan menunjukkan bahwa sektor ini tumbuh sebesar 43% pada tahun 2022, menjadikannya kekuatan penggerak yang nyata dalam dunia bisnis.
Riset dari Observatory for Digital Innovation in Tourism menunjukkan bahwa pariwisata digital berdampak besar pada pertumbuhan ini pada tahun 2021, dengan kenaikan sebesar 55% dari tahun 2020 ke tahun 2021. Ini merupakan hasil yang lebih mengesankan jika kita melihat +1% transaksi yang tercatat oleh saluran resmi selama periode waktu yang sama. Fakta-fakta ini menunjukkan bahwa perjalanan digital sangat penting bagi perekonomian. Terutama karena internet dan perangkat digital lainnya semakin umum di bidang ini.
Perjalanan digital lebih dari sekadar membuat reservasi
Karena perjalanan digital sangat membantu perekonomian, ada sesuatu yang perlu memperjelasnya. Ketika kita berbicara tentang “pariwisata digital”. Kita tidak boleh berpikir bahwa bagian digital hanya berperan ketika kita memesan dan membayar perjalanan, tempat menginap, atau cara bepergian. Di sisi lain, transformasi digital muncul di setiap langkah perjalanan, mengikuti jalur wisatawan melalui pengalaman pelanggannya.
Internet telah menjadi bagian penting dari pengalaman setiap wisatawan saat mereka memilih untuk bepergian. Mulai dari mencari barang hingga membelinya, mulai dari menulis ulasan hingga mempostingnya. Setiap wisatawan melakukan setidaknya satu dari hal-hal ini secara daring saat mereka berlibur. Sebagai seseorang yang pernah berlibur, Anda hanya dapat memahami betapa penting dan lazimnya bagian digital dalam semua hal ini.
Orang-orang yang bepergian sering menggunakan TripAdvisor, situs ulasan restoran dan hotel terpopuler di dunia, sebagai titik referensi permanen. Saat mereka mengunjungi kota baru atau ingin mencoba restoran baru. Salah satu hal pertama yang mereka lakukan adalah mencarinya dan membaca ulasan yang wisatawan lain tuliskan.
Promosi dari mulut ke mulut secara digital, yang terkadang jauh lebih baik daripada promosi dari mulut ke mulut secara analog, telah menggantikan promosi dari mulut ke mulut secara analog. Memang, seperti yang ditunjukkan oleh kelompok studi Oxford Economics dari Universitas Oxford, TripAdvisor benar-benar dapat mengubah sebagian besar hal yang dilakukan wisatawan. Sejak awal tahun 2017, situs ini telah menjadi bagian penting dalam menarik lebih banyak orang untuk bepergian, yang menyebabkan mereka menghabiskan 15% lebih banyak uang, yang menghasilkan $80 miliar bagi industri ini. Hingga saat ini, jumlah tersebut mencakup hampir satu juta ulasan.
Penutup
Sebagai penutup, memahami arti pariwisata digital bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita mengubah cara kita menjelajahi dunia. Dengan memanfaatkan inovasi digital, kita dapat merasakan pengalaman yang lebih mendalam, menjangkau tempat-tempat baru, dan berinteraksi dengan budaya yang beragam. Mari kita sambut masa depan pariwisata yang lebih cerdas dan terhubung, di mana setiap perjalanan menjadi petualangan yang tak terlupakan!
RELATED POSTS
View all