BrainBox ID

Bisnis Digital

Mei 18, 2024 | by Mimin BrainBox ID

Bisnis Digital

Pendahuluan: Bisnis Digital

Brainbox.id – Pada artikel kali ini Mimin akan membahas tentang Bisnis Digital. Bagaimana cara berbisnis digital?​ Ini adalah salah satu hal yang paling banyak di tanyakan orang di internet. Digitalisasi berarti menggunakan alat digital untuk mengubah bisnis apa pun menjadi bisnis digital. Tujuan utama go digital adalah menghasilkan lebih banyak uang dan membuka kemungkinan baru yang menambah nilai. Saat ini, banyak bisnis yang melakukan digitalisasi. Metode ini telah di gunakan oleh perusahaan-perusahaan sukses dan sangat bermanfaat bagi mereka dalam hal keuntungan, kepuasan pelanggan, dan perekonomian .​

Penting bagi orang – orang yang ingin memulai bisnis mereka sendiri atau mengubah bisnis yang sudah ada menjadi bisnis digital untuk selalu mengetahui berita dan fakta terkini tentangnya.​​​​ AI, pembelajaran mesin, realitas virtual dan augmented, otomatisasi proses robotik (RPA), komputasi kuantum, komputasi tepi, blockchain , 5G, internet of things (IoT), dan teknologi digital lainnya adalah beberapa yang paling terkenal. World wide web memiliki lebih dari 2 miliar situs. Sulit untuk mengatakan seberapa besar sebenarnya Internet karena begitu besarnya.​​​ Namun hanya empat perusahaan IT besar seperti Microsoft, Amazon, Google, dan Facebook yang menyimpan sekitar 1,5 juta terabyte data .

Apa Itu Bisnis Digital

Sepertinya semua orang menjalankan bisnis digital saat ini karena banyak orang yang bekerja dari rumah.​ Namun kenyataannya, setiap pemimpin bisnis mempunyai gagasan berbeda tentang apa yang di maksud dengan “go digital”. Oleh karena itu, kelompok yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda dalam mengadopsi dan mengubah teknologi.

Secara umum, teknologi inilah yang membuat bisnis internet bisa berjalan dan berkembang. Tampilannya mungkin seperti ini, bergantung pada bisnis Anda:

Mengotomatiskan proses kerja dengan aplikasi produktivitas dan sistem manajemen pekerjaan. Menggunakan AI untuk menjadikan pengalaman pelanggan lebih baik. Mengumpulkan data untuk meningkatkan informasi bisnis. Atau, jika bisnis Anda hanya online, lakukan semua pekerjaan Anda di platform digital​​.

Namun, Anda bukan bisnis digital hanya karena Anda mengunduh beberapa aplikasi. Transformasi digital yang sebenarnya adalah proses lambat untuk beralih dari proses manual menuju model bisnis yang berbasis pada teknologi dan pelanggan. Menjadi bisnis digital mengubah segalanya tentang perusahaan Anda, mulai dari perasaan karyawan terhadap pekerjaan mereka, cara pelanggan di perlakukan, hingga cara pengelolaan dan pemeliharaan back-end.

Contoh Bisnis Digital

Amazon.com adalah contoh perusahaan berbasis web. ​ Amazon.com di mulai sebagai toko online, namun telah berkembang menjadi situs e-commerce yang besar dan kuat. Teknologi digital digunakan oleh Amazon.com untuk menghubungkan pembeli dan penjual serta mempermudah transaksi.​ Uber adalah contoh lain dari perusahaan berbasis web.

Manfaat Bisnis Digital

Apa itu bisnis digital dan apa manfaatnya?​ Untuk menjawab pertanyaan Anda, mengubah bisnis menjadi bisnis digital memiliki banyak manfaat. Ini membantu organisasi menjadi lebih sukses dan efisien. Tak hanya itu, juga membuat masyarakat menjadi lebih produktif. Berikut beberapa hal baik dalam berbisnis online:​

1. Meningkatkan Produktivitas 

Menjadikan tugas manusia otomatis mempunyai pengaruh yang besar. Misalnya, Anda mengotomatiskan bagian bisnis Anda yang melakukan konstruksi.​​​ Karena robot akan melakukan segalanya, manusia hampir tidak perlu lagi bekerja dengan tangan di bidang tersebut.​​​​ Alhasil, tidak akan banyak kesalahan.​​ Selain itu prosesnya berjalan lebih cepat.

2. Menurunkan biaya Operasional

Menghemat waktu dan uang adalah hal yang ingin dilakukan setiap bisnis. ​ Melakukan tugas dan proses dengan tangan membutuhkan banyak waktu dan bergerak lebih lambat dibandingkan metode otomatis.​ Selain itu, Anda perlu membayar pekerja setiap bulan atau setiap jam, yang akan menghabiskan banyak uang.

Perusahaan dapat kehilangan hingga 25 % pendapatannya karena sistem yang tidak berfungsi dengan baik.​ Kesalahan lebih mungkin terjadi jika segala sesuatunya dilakukan dengan tangan.​ Dalam hal ini, go digital akan membuat bisnis berjalan lebih lancar dan biaya lebih hemat. Hal menarik tentang peralihan ke digital adalah hal ini dapat membantu bisnis menghemat hingga 90 % biaya operasional mereka.

3. Kualitas dan konsistensi tunggal

Salah satu manfaat besar menjalankan bisnis online adalah Anda dapat yakin bahwa semuanya dilakukan dengan cara yang sama setiap saat.​​​ Ini memberi Anda hasil berkualitas tinggi. Misalnya, mengotomatiskan bagian layanan pelanggan akan memberikan informasi dan bantuan yang baik kepada orang-orang yang menggunakan bagian bisnis tersebut.

4. Tata kelola dan keandalan

Dapat bergantung pada layanan otomatis karena mereka bekerja dengan cara yang sama setiap saat. Beginilah cara hal ini membantu pekerjaan Anda, ​dan ini membantu memberi klien langkah dan metode yang andal .

5. Pengambilan Keputusan yang Baik

Pengelolaan informasi berjalan beriringan. ​Informasi akan berubah menjadi pengetahuan setelah diperiksa.​​​​ Memiliki lebih banyak informasi membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik.

4 Konsep Bisnis DIgital

Menjadi bisnis digital adalah perubahan besar, jadi penting untuk memikirkan ide-ide utama yang akan memandu transisi Anda. Apa yang ingin diperoleh perusahaan dari peralihan ke digital ? Empat gagasan di bawah ini adalah apa yang dikatakan sebagian besar kelompok:

1. Fleksibilitas

Perusahaan-perusahaan berusaha menemukan cara untuk menjalankan bisnis mereka yang memungkinkan mereka lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan dunia setiap saat.​​​​ Selama pandemi COVID-19, misalnya perusahaan menyadari bahwa teknologi dapat membantu mereka dengan mudah beralih dari bekerja di kantor ke bekerja dari rumah dan kembali lagi. Dengan beralih ke digital, Anda dapat dengan cepat beradaptasi dengan situasi baru tanpa harus melakukan tugas fisik yang menyita waktu.

2. Skalabilitas

Dengan fleksibilitas, proses dapat beradaptasi dengan perubahan beban kerja Anda. Untuk mencapai tujuan bisnis, bisnis ini dapat tumbuh atau menyusut dengan cepat. Sebagai contoh, sebuah bisnis yang scalable dapat dengan cepat merekrut staf baru selama masa pertumbuhan atau meningkatkan penyimpanan data ketika mereka mendapatkan klien besar.​​

3. Budaya

Ketika Anda berbisnis online, Anda harus mengubah cara Anda melakukan sesuatu, dan Anda harus mulai dengan mengubah cara berpikir Anda. ​​ Karyawan Anda harus setuju dengan rencana Anda untuk menjadi bisnis digital.​​​ Para pemimpin teknologi di perusahaan Anda mungkin memimpin dalam hal ini, namun penting bagi setiap area untuk bekerja menuju tujuan produktivitas, efisiensi, dan otomatisasi yang sama.

4. Kualitas

Ide terakhir kami tampak sederhana, namun ketika Anda membuat perubahan besar, penting untuk diingat bahwa kualitas adalah kuncinya. Kita sering terjebak dalam ide-ide baru hanya karena ide-ide tersebut baru. Namun hal ini tidak akan membuat bisnis Anda lebih berharga. Anda harus memikirkan kembali pendekatan Anda jika proses baru, Anda tidak membuat segalanya menjadi lebih baik. 

Penutup: Bisnis Digital

Di penghujung pembahasan ini, kita telah menjelajahi dunia yang penuh peluang dan tantangan. Era ini membuka gerbang bagi wirausahawan kreatif untuk memanfaatkan teknologi dalam membangun dan mengembangkan usaha mereka.