BrainBox ID

Etika Menggunakan Media Sosial

Mei 13, 2024 | by Mimin BrainBox ID

Etika Menggunakan Media Sosial

Pendahuluan: Etika Menggunakan Media Sosial

brainbox.id – Di era digital ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain, berbagi informasi, dan mengekspresikan diri. Namun, di balik manfaatnya yang luar biasa, media sosial juga menghadirkan berbagai potensi bahaya. Seperti penyebaran informasi yang salah, cyberbullying, dan ujaran kebencian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan media sosial dengan etika dan tanggung jawab.

Masalah dengan Pernyataan Etika

Tujuan dari isu-isu dalam pernyataan etika adalah untuk membuat orang lebih sensitif dan sadar. Mereka menunjukkan cara kerja Kode Etik ( 2016 ) dan di maksudkan untuk membuat masyarakat berpikir secara mendalam tentang masalah etika. Mereka mungkin dapat membantu anggota dan pemegang sertifikat membuat pilihan mereka sendiri yang bertanggung jawab. Kata-kata ini tidak mengatakan bahwa tindakan tertentu sepenuhnya di larang atau perlu. Apa yang di maksud dengan benar atau salah secara moral bergantung pada fakta dan keadaan situasi ?

Awal mula

Media sosial adalah situs web dan alat komunikasi online lainnya, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn. DIgunakan banyak orang untuk berbagi informasi, menjalin kontak bisnis dan sosial, serta berbagi informasi. ASHA ingin para anggota dan pemegang sertifikatnya berbicara dan berbagi pemikiran mereka tentang masalah audiologi dan patologi bahasa wicara yang kontroversial. Di halaman grup Facebook, listservs, papan buletin, dan ruang online lainnya, rekan kerja terkadang membuat komentar yang menyakitkan.

Saran untuk Melanggar Kerahasiaan

Jika Anda memposting informasi apapun tentang klien, sekecil apa pun, hal itu dapat membantu orang lain menemukan klien Anda dan melihat bahwa mereka mendapatkan perhatian dari Anda. Anda harus melindungi identitas pasien Anda dan merahasiakan informasi tentang perawatan mereka. Jika Anda

(a) memposting komentar Facebook yang tampaknya tidak berbahaya sehingga dapat membuat orang lain mengidentifikasi klien Anda,

(b) memposting halaman catatan perawatan pasien yang belum di sunting atau telah di sunting. Sebagian ke Instagram untuk menunjukkan seberapa besar kemajuan yang telah di capai klien dalam menggunakan layanan Anda, atau

(c) meminta bantuan pada listserv untuk menangani masalah medis sulit yang secara tidak sengaja dapat mengungkapkan privasi klien Anda. Anda mungkin telah merusak kerahasiaan.

Dengan cara yang sama, Anda memiliki kewajiban moral untuk merahasiakan informasi pribadi apa pun tentang orang-orang yang mengambil bagian dalam proyek studi Anda.

Dalam hal privasi, Prinsip dan Aturan Kode Etik ini mungkin sangat penting

-Aturan O Prinsip I mengatakan bahwa orang harus menjaga privasi dan keamanan catatan layanan profesional, kegiatan studi dan ilmiah, serta produk yang mereka berikan. Orang-orang hanya dapat melihat catatan-catatan ini jika di izinkan secara hukum, untuk melindungi kesejahteraan mereka sendiri atau komunitas, atau jika undang-undang menyatakan sebaliknya.

-Prinsip I, Aturan P: Orang harus merahasiakan informasi profesional atau pribadi apa pun yang mereka miliki tentang orang yang bekerja dengan mereka atau orang yang mengambil bagian dalam penelitian dan kegiatan ilmiah. Mereka hanya dapat memberikan informasi pribadi jika di perlukan secara hukum, untuk melindungi kesejahteraan orang tersebut atau komunitas, atau karena alasan hukum lainnya.

Menghindari kebohongan tentang layanan dan produk saat mengiklankannya dan saat mencantumkan kredensial​​

Media sosial dapat menjadi cara yang berguna untuk

  • tetap berhubungan dengan teman dan rekan kerja dan
  • menyebarkan berita tentang layanan dan bidang Anda.

Namun mungkin melanggar Pedoman jika memposting sesuatu di media sosial yang berisi kebohongan tentang layanan, kredensial, barang yang Anda buat atau jual, atau layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, seorang praktisi swasta mungkin menggunakan media sosial sebagai cara gratis untuk beriklan dengan menulis, “Sembuhkan gagap hanya dalam satu hari!” “Beli buku saya!” bertentangan dengan Kode Etik karena praktisi swasta tersebut tidak memiliki bukti apa pun untuk mendukung klaim ini.

Pernyataan keliru yang di buat di media sosial juga dapat melanggar Kode Etik dalam situasi berikut:

  • Di situs web bisnis pribadinya, seorang audiolog salah mencantumkan mahasiswa doktoral sebagai audiolog.​​

Ahli patologi bahasa wicara ( SLP ) mengatakan bahwa mereka memiliki Sertifikat Kompetensi Klinis ( CCC ). Namun mereka baru mengajukan permohonan dan belum mendapatkannya. Sebagai bagian dari biodata mereka untuk konferensi online, seorang audiolog atau SLP mengatakan bahwa mereka telah ikut menulis “lusinan artikel ilmiah”, tetapi ini tidak benar.

informasi yang berbohong tentang kualifikasi atau layanan Anda, seperti yang di tunjukkan di atas, Anda mungkin melanggar Aturan berikut:

  • Prinsip I, Aturan D: Orang tidak boleh berbohong tentang kredensial asisten, asisten, teknisi, staf pendukung, mahasiswa, penelitian magang, Rekan Klinis, atau siapa pun yang bekerja untuk mereka. Dan mereka harus memberi tahu orang yang bekerja dengan nama tersebut, peran, dan kredensial profesional siapa pun yang menyediakan layanan.
  • Prinsip III, Aturan A: Orang tidak boleh berbohong tentang kredensial, keterampilan, sekolah, pelatihan, pengalaman, atau kontribusi ilmiahnya.

Orang yang mengiklankan, mengumumkan, atau mempromosikan jasa dan barang profesionalnya, serta orang yang melaporkan hasil penelitian, harus mengikuti standar profesional saat ini ketika berbicara kepada publik dan tidak boleh berbohong tentang apa pun.

Aturan C Prinsip IV mengatakan bahwa ketika orang berbicara dengan rekan kerja mereka tentang layanan profesional, hasil studi, dan produk, mereka harus mengikuti bahasa standar profesional dan tidak berbohong.

Tindakan Yang Dapat Mencemarkan Nama Baik

Dapat Mencemarkan Nama Baik. Pernyataan-pernyataan yang di posting yang menyakitkan dan kasar kepada orang (kelompok atau organisasi) biasanya tidak melanggar Kode Etik dengan sendirinya. Meskipun pernyataan tersebut di anggap kasar, tidak sopan, atau menghina profesi. Pernyataan-pernyataan seperti ini tidak dengan sendirinya melanggar Kode Etik. Karena Kode Etik adalah tentang perilaku tidak etis di tempat kerja, bukan tentang membuat pernyataan kasar atau marah untuk bersenang-senang. Kesimpulannya, Kode Etik bukanlah aturan untuk bersikap sopan. Kode Etik menetapkan aturan perilaku profesional untuk “menjamin kesejahteraan konsumen dan melindungi reputasi dan integritas profesi”. Aturan kesopanan memandu perilaku ini, namun tidak memaksanya.

Orang Yang Sering Berkata Kasar di Media Sosial

Orang yang berulang kali mengatakan hal-hal yang kasar dan tidak sopan. Seperti memulai kampanye melawan seseorang atau suatu kelompok karena statusnya yang di lindungi (seperti ras), dapat di anggap telah melakukan diskriminasi, melecehkan, atau menyalahgunakan kekuasaannya, yang bertentangan dengan Prinsip IV, Aturan G. Jika pengadilan memutuskan bahwa sesuatu yang di tulis seseorang di situs media sosial bersifat memfitnah. Orang tersebut juga dapat di nyatakan melanggar Prinsip IV, Aturan R, yang menyatakan bahwa “Individu harus mematuhi undang-undang setempat, negara bagian, dan federal dan peraturan yang berlaku untuk praktik profesional, etika penelitian, dan pelaksanaan penelitian yang bertanggung jawab.” 

Penutup : Etika Menggunakan Media Sosial

Di era digital ini, media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Namun, di balik kemudahan dan manfaatnya, media sosial juga menyimpan potensi bahaya jika tidak digunakan dengan bijak.

Dengan menjadi pengguna media sosial yang bijak dan bertanggung jawab, kita dapat membantu menciptakan dunia digital yang lebih positif dan bermanfaat bagi semua orang.

Mari jadikan media sosial sebagai alat untuk kebaikan, bukan untuk menyebarkan kebencian dan negativity.

RELATED POSTS

View all

view all