BrainBox ID

Kreator Digital

Agustus 11, 2024 | by Mimin BrainBox ID

Kreator Digital

Pendahuluan: Kreator Digital

Brainbox.id – Di era digital saat ini, menjadi seorang kreator digital membuka pintu menuju dunia penuh peluang dan inovasi. Apakah Anda seorang seniman, penulis, atau pembuat konten, kemampuan Anda untuk menciptakan dan berbagi ide dengan audiens global telah mencapai level yang belum pernah terjadi sebelumnya. Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi berbagai aspek menjadi kreator digital, mulai dari alat dan platform terbaru hingga strategi untuk menginspirasi dan menarik perhatian audiens. Bersiaplah untuk mengungkap rahasia sukses dan meraih potensi maksimal dalam dunia kreatif yang terus berkembang ini.

Definisi Kreator Digital

Kreator digital adalah seseorang yang membuat materi digital, seperti namanya. Posting di media sosial, posting blog, gambar atau grafik, podcast, video, dan jenis materi digital lainnya dapat masyarakat gunakan. Banyak keterampilan berbeda yang dapat berguna, tergantung pada jenis konten dan situs yang dituju. Menulis, membuat video, keterampilan desain grafis, dan banyak lagi semuanya dapat bermanfaat.

Salah satu contohnya adalah seseorang yang membuat konten untuk kursus Teachable dan mungkin menggunakan pengetahuan atau keterampilan mereka dengan merekam video. Namun seseorang yang membuat hal-hal digital dan memiliki blog harus pandai menulis dan mengedit. Seperti yang telah kita lihat, tujuan dari sebagian besar pembuatan konten adalah untuk mengajar, menghibur, menginspirasi, dan melibatkan orang. Sebagian besar waktu, itu juga memaksudkannya untuk mengubah perilaku. Pertanyaan berikutnya adalah tentang advokat. Apakah mereka sama dengan kreator digital? Ya dan tidak. Kedua istilah tersebut memiliki banyak arti yang sama, yang akan kita bahas di bawah ini, tetapi penting untuk mengetahui perbedaan halus di antara keduanya.

Perbedaan Kreator Digital dan Influencer

Orang sering berpikir bahwa mereka membutuhkan banyak penggemar untuk menjadi berpengaruh, tetapi itu tidak selalu terjadi. Seperti namanya, seorang influencer adalah seseorang yang benar-benar memengaruhi keputusan orang-orang yang mengikuti mereka di media sosial. Mereka dapat melakukannya dengan memberi tahu penggemar mereka tentang suatu produk atau layanan yang ingin mereka beli. Dengan cara tertentu, baik produsen digital maupun influencer ingin mengubah perilaku orang atau membuat mereka melakukan sesuatu.

Tujuan utama pembuatan konten adalah membuat orang berinteraksi dengan konten digital, sedangkan tujuan utama memengaruhi secara umum adalah membuat orang membeli sesuatu. Namun, beberapa orang mungkin mengatakan bahwa jabatan mereka, “menciptakan” dan “mempengaruhi”, memberi tahu kita apa yang sebenarnya ingin mereka lakukan. Itu mungkin benar terkadang, tetapi produsen digital sering kali memiliki tujuan yang sama dengan influencer. Mereka ingin berinteraksi dengan audiens mereka, mendapatkan lebih banyak penggemar, dan pada dasarnya membuat audiens mereka melakukan sesuatu. Sebenarnya, yang membuat mereka berbeda adalahpekerjaan yang mereka lakukan, bukan alasan mereka melakukannya.

Contoh Kreator vs Influencer

Mari kita kembali ke “dunia material” dan gunakan toserba konvensional untuk menunjukkan hal ini. Untuk membuat konten, kantor perusahaan mempekerjakan seniman grafis, penulis naskah, dan pemasar. Pemasar kemudian menjual produk. Setiap orang dalam tim bekerja sama untuk menjual barang-barang toko, tetapi setiap orang memiliki pekerjaan yang sangat berbeda untuk dilakukan. Orang-orang mempekerjakan desainer untuk membuat sesuatu, penulis untuk menuliskannya, dan pemasar untuk menyebarkan berita tentang barang-barang tersebut. Manajer bertanggung jawab untuk memberikan konten kreatif dan mencari tahu cara terbaik untuk menggunakannya. Selain itu, kreator digital dan influencer dapat bekerja sama dan memiliki tujuan yang sama, tetapi pekerjaan mereka berbeda. Pekerjaan kreator digital adalah membuat materi, sedangkan pekerjaan influencer adalah membujuk audiens. Tentu saja, seiring dengan perubahan dan adaptasi perusahaan di “dunia nyata” terhadap “dunia digital “,dunia,” mereka juga akan menggunakan pemasaran afiliasi dan influencer, antara lain, untuk menyertakan kreator dan influencer digital sungguhan dalam pemasaran mereka.

seorang wanita dengan headphone dan komputer Nama yang terkenal adalah contoh lainnya. Anda dapat membandingkan pekerjaan yang produser digital lakukan dengan pekerjaan yang orang-orang merek lskuksn untuk menjaga citra merek. Seorang duta, di sisi lain, dapat menjadi juru bicara atau wajah merek. Inilah yang biasanya influencer lakukan: mereka bekerja dengan merek untuk mendorong barang atau layanan mereka melalui posting yang telah mensponsorinya. Karena itu, penting untuk mengetahui bahwa nama-nama ini tidak hitam dan putih. Orang tidak boleh berpikir bahwa influencer tidak membuat atau kreator tidak memengaruhi. Faktanya, influencer dapat memperoleh manfaat dari mengetahui cara membuat konten, dan produser dapat memperoleh manfaat dari membuat konten yang ingin dibaca orang. Kami telah mengatakan bahwa pembuat konten digital sering kali memiliki dampak, dan banyak influencer juga membuat konten digital mereka sendirikonten. 

Penutup

Terakhir, Anda dapat memikirkan fakta bahwa kreator digital biasanya mengunggah lebih banyak konten orisinal, sementara influencer cenderung mengunggah konten yang dikurasi karena mereka mengunggah tentang gaya hidup mereka (atau sebagian darinya, seperti olahraga, mode, makanan, kecantikan, dll.) di platform mereka.

RELATED POSTS

View all

view all